Ashtavakra Gita

BAB I
SANG JATI DIRI SEBAGAI SAKSI DI DALAM SEMUANYA

Janaka berucap :

  1. Ajarilah  daku, wahai Presha (Guru Utama), bagaimana caranya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan?  Bagaimana (darimana) datangnya kebebasan (spiritual, dari duniawi ini)?, bagaimana mencapai pemasrahan itu?

Ashtavakra berucap :

  1. Seandainya dikau mendambakan kebebasan, anakku, maka tolaklah kehadiran obyek-obyek indra-indramu dan anggaplah obyek-obyek ini racun, dan mohonlah akan pengampunan, keterus-terangan, kebajikan, keriangan dan kebenaran ibarat nektar (air suci kehidupan yang setelah diteguk akan mengabadikan seseorang).
  2. Dikau ini bukanlah bumi, bukan juga dikau ini Agni, bukan juga Akasa (angkasa), bukan Tirta (air) dan juga bukan Bayu (udara, angin).  Untuk mencapai kebebasan kenalilah Sang Jati Diri sebagai “saksi dari semua ini” …… yang merupakan manifestasi dari Kesadaran Yang  Murni dan Hakiki itu sendiri.
  3. Seandainya dikau menanggalkan dirimu dari raga dan bersemayam (menghadirkan diri) di Kesadaran, dikau akan segera berubah bahagia, damai dan lepas dari keterikatan.
  4. Dikau bukan tergolong dalam kasta Brahmana maupun kasta-kasta lainnya.  Dikau juga tidak tergolong di (Asrama) bentuk-bentuk kehidupan lainnya.  Dikau tak dapat dipengaruhi oleh indra-indra.  Tak melekat, tak berbentuk, dan “saksi dari semuanya” adalah dikau itu sendiri. Barbahagialah.
  5. Kebajikan dan kebatilan, kebahagiaan dan kedukaan adalah atribut-atribut dari sang pikiran, bukan darimu, wahai Yang Maha Hadir di dalam semuanya! Dikau bukanlah “yang melaksanakan” dan juga bukan “yang menikmatinya”.  Sebenarnya, dikau senantiasa bebas merdeka.
  6. Dikau adalah  Yang Maha Bijaksana dan Yang Maha Sadar di dalam semuanya, dan secara amat pasti dikau adalah bebas, sebebas-bebasnya.  Sebenarnya keterikatanmu lebih dikarenakan dikau tidak melihat Dirimu Yang Hakiki, tetapi melihatnya sebagai sesuatu yang lain.
  7. Dikau, yang telah dipagut oleh ular hitam yang besar yang berbentuk rasa egoisme “Akulah  sang Pelaksana”; Tegiklah iman ini :”Aku bukanlah sang pelaksana”, iman ini ibarat nektar, teguk dan berbahagialah.
  8. Setelah membakar habis hutan kebodohan dengan api keyakinan, “Aku adalah Tunggal”, Kesadaran Yang Hakiki dan setelah menanggalkan semua bentuk kekhawatiran,  berbahagialah.
  9. Dikau adalah kesadaran itu, Kebahagiaan Yang Berasal DariNya ——- Kebahagiaan Yang Teramat Agung —- seluruh alam semesta ini terlihat tertunjang olehNya, ibarat ular di dalam ilusi seutas tali.  Hidup berbahagialah sesuai dengan Kesadaran Hakiki ini.  (Di dalam kegelapan, seutas tali di jalan bisa terlihat/terkesan sebagai seekor ular, begitu juga ilusi duniawi).
  10. Barangsiapa merasa dirinya  bebas, ia akan benar-benar bebas, dan barangsiapa merasa dirinya masih terikat, maka ia akan selamanya  terikat. “Seperti yang dipikirkannya, begitu juga ia merubah dirinya”’ demikianlah kata-kata mutiara di dunia ini, yang sebenar-benarnya adalah benar.
  11. Sang Jati Diri adalah Sang Saksi, Hadir di kesemuanya, Sempurna, non-dual, Bebas, Kesadaran, Tak Melakukan  Tindakan, Tidak Terikat, Tidak berkeinginan, Hening. Melalui ilusi Beliau terlihat seakan-akan terserap ke dalam dunia ini.
  12. Setelah melepaskan semua fluktuasi-fluktuasi  eksternal dan internal, dan ilusi :”Aku adalah ego Diriku Yang terefleksi”’ bermeditasilah ke dalam dirimu, yang merupakan Kesadaran Yang  Tak tergoyahkan dan tak bercabang dua.
  13. Wahai putraku yang kusayangi, dikau telah lama terjerat oleh tali kesadaran ragamu. Tebaslah secara tuntas dengan pedang ilmu-pengetahuan :”Aku adalah Kesadaran”’ dan berbahagialah.
  14. Dikau adalah Tak Terikat, Tak Melakukan Segala Tindakan, Bercahaya di dalam Diri Sendiri, Tanpa setitik Noda. Dikau senantiasa bersemadi; ini sebenarnya adalah keterikatanmu.
  15. Dikau menunjang alam-semesta dan alam-semesta ini teranyam semata-mata di dalam diriMu.  Sebenarnya, secara alami, Dikau adalah kesadaran  Murni.  Jangan mengarah ke jalan yang salah.
  16. Dikau tak bersyarat, tak berganti-ganti, padat, penuh dengan intelegensia, hening dan tak terusik oleh apapun juga.  Berhasratlah akan kesadaran semata-mata.
  17. Fahamilah, bahwa sesuatu yang berbentuk adalah palsu dan yang atk berbentuk dan tak berganti-ganti (berubah-ubah).  Melalui petunjuk spiritual ini, dikau akan terbebaskan dari kemungkinan kelahiran kembali.
  18. Ibarat cermin yang menghadirkan refleksi di dalam dan di luarnya, demikian juga Sang Jati Diri Yang Maha Kuasa hadir di dalam maupun di luar raga ini.
  19. Ibarat ruang spasi (kekosongan) yang hadir di dalam dan di luar tempayan, demikan juga Yang Maha Tak Dapat Digerakkan dan Brahman Yang Maha Hadir dimanapun juga, berada di dalam semua makhluk dan benda-benda.selengkapnya silahkan baca di ebooknya